Bunga Lawang Bahan Masakan yang Kaya Manfaat Kesehatan

Posted on

Bunga Lawang adalah salah satu jenis rempah yang berasal dari negeri Cina, bahan masakan satu  ini memiliki nama ilmiah Illicium Verum. Bunga Lawang dikenal juga dengan berbagai nama di Indonesia yaitu Pekak, Bunga Lawang sudah sejak lama digunakan sebagai bahan masakan di Tiongkok popularitas Bunga Lawang kemudian dikenalkan ke Eropa pada abad 17 sehingga Sejak saat itu Bunga Lawang pun menjadi bunga yang terkenal ke berbagai negara di dunia.bahkan kini bunga lawang juga merupakan salah satu bahan obat herbal minyak kutus kutus.

khasiat bung lawang

Setelah dikenalkan ke Eropa, Bunga Lawang kemudian mencapai popularitas popularitasnya dan dikenal di berbagai belahan negara di dunia. Salah satu negara di dunia yang sering menggunakan Bunga Lawang adalah India. India dikenal memiliki masakan yang kaya rempah salah satu masakan dari India yang menggunakan Bunga Lawang adalah masakan kari, begitupun dengan negara-negara lain seperti Thailand Vietnam maupun Indonesia sering menggunakan Bunga Lawang untuk penyedap bahan masakannya.

Ciri dari bunga ini adalah baunya yang sangat khas ketika dicampur menjadi bahan masakan. Walaupun disebut bunga, Bunga Lawang bukanlah berasal dari tanaman namun berasal dari sebuah pohon yang bisa memiliki tinggi sampai 8 meter, pohon tersebut memiliki bunga berwarna kuning. Buah tersebut kemudian dipanen sebelum matang dan kemudian dijemur dengan bantuan matahari. Berikut beberapa macam manfaat bunga lawang yang baik untuk kesehatan.

  1. Menyehatkan fungsi pencernaan

Selain terkenal sebagai bahan makanan rempah yang sangat khas ini juga memiliki berbagai macam khasiat seperti membantu menyehatkan fungsi pencernaan, serat yang tinggi dalam Bunga Lawang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu sistem pencernaan dan mengobati berbagai penyakit seperti Sembelit, kembung, maupun melembutkan dan memudahkan produksi feses. Untuk mengobati gangguan pencernaan oleh Bunga Lawang bisa dengan cara mengkonsumsi satu sendok Bunga Lawang yang dicampurkan dengan teh tawar hangat.

  1. Dapat mengatasi insomnia

Bunga Lawang memiliki sifat yang dapat menenangkan, sehingga dapat membantu saraf untuk rileks dan mudah untuk istirahat di malam hari. Pada sebuah sumber disebutkan bahwa Bunga Lawang yang di konsumsi saat malam hari membantu waktu istirahat menjadi lebih pulas dan sehat, sehingga saat terbangun tubuh menjadi segar dan siap untuk melakukan aktivitas.

  1. Mengobati kekebalan tubuh

Di dalam Bunga Lawang terdapat kandungan asam yang tinggi perpaduan antara antioksidan dengan asam Sikimat meningkatkan dari sistem kekebalan yang ada dalam tubuh, dengan begitu tubuh akan lebih kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit flu dan batuk. Di dalam Bunga Lawang memiliki sifat antioksidan, kandungan Esensial Oil serta Vitamin C. Vitamin C ini bisa menangkal radikal bebas dan antioksidan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan dari padatnya polusi di kota besar.

  1. Mengobati Jamur dan Bakteri

Manfaat lainnya dari Bunga Lawang yaitu bisa mengobati jamur dan bakteri, di dalam Bunga Lawang terdapat senyawa Antimikroba yang dapat mengobati berbagai macam jamur dan bakteri. Bunga Lawang akan berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit seperti penyakit Kandidiasis.

  1. Membantu menjaga kesehatan pada ibu hamil

Dalam Bunga Lawang terdapat Senyawa ini memiliki sifat yang mirip dengan hormon estrogen yang mampu untuk mengatur hormon pada wanita, sehingga efeknya bisa produksi ASI dengan baik. Selain itu Bunga Lawang juga dapat membantu kekebalan tubuh bagi ibu hamil sehingga bagi para ibu yang kesulitan dalam memproduksi ASI bisa mencoba konsumsi ekstrak Bunga Lawang.

  1. Mengobati radang tenggorokan

Bunga Lawang dapat mengobati radang dari tenggorokan, di dalam Bunga Lawang terdapat Sikimat dan Kuersetin yang berfungsi untuk menyembuhkan tenggorokan selain itu dalam Bunga Lawang juga terdapat kandungan yang dapat melegakan pernapasan sehingga bagi Anda yang kesulitan bernafas karena flu atau tenggorokan yang sakit bisa menggunakan teh Bunga Lawang yang diseduh dengan hangat dan menghirupnya sehingga dapat melegakan tenggorokan.

  1. Baik untuk kecantikan

Bunga Lawang memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh, Vitamin C ini sendiri merupakan antioksidan yang dapat menangkal berbagai hal buruk seperti radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan molekul yang bisa menyebabkan berbagai macam hal negatif seperti menyebabkan kulit menjadi keriput, tidak kencang, kusam, dan rusak nya DNA. Hal ini tentu sangat di hindari terutama oleh perempuan, sehingga mengkonsumsi Bunga Lawang bisa menghindari efek buruk akibat radikal bebas ini.

  1. Mengobati masuk angin dan kelelahan dalam perjalanan

Bunga Lawang yang dikonsumsi ketika dalam perjalanan akan membantu tubuh untuk terhindar dari masuk angin, selain itu ketika masuk angin Bunga Lawang dapat mendorong Flatulensi (kentut) dan sendawa menjadi lebih sering sehingga perut menjadi tidak begah dan kembung.

Di Indonesia sendiri Bunga Lawang sering digunakan di daerah yang menggunakan bumbu masakan yang memiliki komposisi tajam seperti di daerah Aceh, Minang, Jawa maupun Bali selain digunakan untuk kesehatan dan bahan masakan. Bunga Lawang juga dapat digunakan sebagai bahan minuman salah satunya bahan minumannya itu adalah minuman teh, Bunga Lawang bisa dicampur dengan teh hitam dan minuman tradisional lainnya.

Di negara Indonesia sendiri ada salah satu minuman yaitu wedang pekak yang merupakan minuman tradisional yang berasal dari Kabupaten Demak. Teh dari Bunga Lawang memiliki berbagai macam khasiat seperti mengobati flu batuk serta mengusir rasa mual yang biasa hinggap pada ibu hamil. Karena permintaan yang banyak menyebabkan Bunga Lawang pun menjadi melambung tinggi. Itulah berbagai macam manfaat dari Bunga Lawang sebuah bunga yang unik dan sangat digemari oleh berbagai negara di belahan dunia untuk dijadikan sebagai bumbu.