Daun Ashitaba Tanaman Ajaib Yang Berasal Dari Jepang

Posted on

Daun Ashitaba memiliki nama Latin angelica keiskei, sesuai dengan namanya bunga ini berasal dari negeri Sakura buah ini masih masuk dalam keluarga tanaman wortel. Daun Ashitaba termasuk ke dalam jenis tumbuhan yang memiliki sifat yang perennial yakni sebuah tanaman yang kuat tumbuh bertahun-tahun.  Jika tanaman ini bunganya mati seperti saat musim dingin maka pada musim semi bunga akan hidup kembali melalui akar yang tumbuh di bawah tanah.  Tinggi tanaman ini sekitar 50 sampai dengan 120 cm.

daun obat ashitaba

Daun ashitaba termasuk ke dalam tumbuhan yang bisa tumbuh di berbagai macam Habitat, di Jepang sendiri daun ashitaba bisa tumbuh di berbagai macam tempat seperti kebun di belakang rumah,  taman belakang, kebun herbal, serta pot bunga.  Jenis tumbuhan satu ini juga termasuk kedalam tumbuhan yang sangat kuat terhadap berbagai macam iklim salah satunya seperti musim dingin.

Sebelum dikenal luas di berbagai belahan dunia seperti sekarang ini daun ashitaba sudah sejak lama dikenal sebagai daun yang banyak membantu kesembuhan warga setempat. Di zaman dahulu saat pemerintahan pada zaman Edo daun ashitaba dipercaya dapat membuat warga menjadi lebih sehat dan memperpanjang umur mereka karena dalam daun ashitaba terdapat kandungan chalconoids.  Pada zaman tersebut getah daun ashitaba yang berwarna kuning digunakan untuk pengobatan cacar selain itu daun ini juga dikenal menjadi sebagai daun untuk penambah stamina dan vitalitas.

Ashitaba pada zaman tersebut dikenal sebagai tonik obat kuat karena memiliki sifat yang diuretik, meningkatkan kualitas pencernaan, penyembuhan infeksi, dan luka menjaga kualitas gizi dan stamina sehingga para pekerja di zaman dahulu sangat kuat dalam menghadapi kerja wajib yang harus mereka hadapi setiap hari. Selain digunakan untuk manusia, daun ashitaba di zaman dahulu juga sering digunakan sebagai pakan ternak hal ini karena daun tersebut dapat menciptakan ternak yang sehat dan memiliki kualitas susu yang baik.

Untuk masa sekarang daun ashitaba banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan,  salah satunya kesehatan. Manfaat kesehatan daun ashitaba adalah sebagai berikut.

1. Mengobati dan menjaga kesehatan rambut

Daun ashitaba memiliki kandungan untuk menyehatkan rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat tebal dan tidak mudah rontok. Daun ashitaba juga memiliki kandungan vitamin  E yang dapat merangsang pertumbuhan rambut secara alami.  Daun ashitaba dapat merangsang rambut yang tipis sehingga menjadi tebal tanpa efek samping.

Kulit kepala yang kering dapat menyebabkan berbagai macam gangguan seperti rambut yang bercabang dan kering,daun ashitaba dapat membantu untuk menyuburkan kulit kepala sehingga rambut pun menjadi lebih subur tidak lepek dan tidak kering.

Selain rambut yang sehat dan subur daun ashitaba juga dapat membuat efek rambut menjadi lebih berkilau sehingga lebih enak dipandang dan mencerminkan rambut yang kuat dan sehat.

2. Salah satu kunci untuk awet muda

Seperti sudah dibahas di awal bahwa daun ashitaba banyak digunakan masyarakat setempat sejak zaman dahulu untuk perawatan stamina dan awet muda, zaman sekarang daun ashitaba pun masih digunakan untuk terapi awet muda.  Hal ini seperti yang sudah dilakukan oleh Profesor di universitas Graz Austria bernama Frank Madeo.  Frank menyatakan bahwa di dalam daun ashitaba terdapat kandungan dimethoxychalcone atau memiliki nama lain di DMC 4,4. Daun ashitaba memiliki cara kerja autophagy yakni dengan cara membersihkan sampah-sampah sel dan protein yang ada dalam tubuh. 

Sampah-sampah sel serta protein yang menumpuk dalam tubuh ini terjadi karena sel gagal untuk membersihkan sampah sehingga semakin menua umur seseorang maka semakin banyak pula sampah yang menumpuk dalam tubuh, daun ashitaba memiliki kemampuan untuk membersihkan sampah-sampah tersebut.  Selain memiliki kandungan di DMC 4,4.  Dalam daun Ashitaba juga memiliki kandungan flavonoid yaitu sebuah zat yang mampu untuk mencegah kerusakan sel dan mencegah penuaan, senyawa inilah yang kemudian mampu untuk melindungi sel dari efek penuaan.

3. Mengandung Chalcone

Di dalam daun ashitaba mengandung Chalcone yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga mampu meningkatkan fokus serta konsentrasi, meningkatkan hormon yang berguna untuk pertumbuhan,  serta dapat  meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

4. Mencegah kanker

Daun ashitaba yang sudah dikonsumsi dalam bentuk sayur hijau dapat melindungi tubuh dari kanker karena daun ashitaba bekerja dengan cara menurunkan aktivasi oksidasi yang dapat menyebabkan kerusakan pada DNA.

Untuk mengobati kanker dengan daun ashitaba yaitu dengan cara me rebus daun ashitaba dengan  air panas kemudian air rebusannya dikonsumsi namun tidak semua orangsuka  rasa dari daun ashitaba yang cenderung tidak enak di lidah dan merangsang orang untuk terus meludah.  Agar daun ashitaba tidak memiliki rasa yang langu/tidak enak di lidah maka caranya bisa dengan dicampur kan dengan mentimun, mentimun yang segar ini akan menekan daun ashitaba sehingga lebih enak untuk dikonsumsi.  Selain dikonsumsi dengan cara diseduh, daun ashitaba juga bisa dikonsumsi dengan cara lain seperti dalam bentuk kemasan kapsul.

Daun ashitaba memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, semua bagian tumbuhan ashitaba bisa di manfaatkan, untuk bagian daunnya sendiri biasanya diolah dengan cara dikeringkan kemudian dijual untuk di ekspor selain itu bagian getah dari daun ashitaba memiliki nilai yang paling  mahal dari semua bagian tumbuhan daun ashitaba.  Kini pembudidayaan daun ashitaba bukan cuman berasal dari Jepang namun di berbagai daerah di Indonesia seperti Lombok dan Jawa pun banyak yang sudah mengembangkan daun ashitaba yang memiliki manfaat dan nilai ekonomis tinggi. kandungan daun ashitaba juga terdapat pada minyak kutus kutus bali.