Eksim, Kondisi Penyakit Kulit yang Membandel

Posted on

Eksim adalah suatu kondisi penyakit yang sangat mengganggu pada kulit, kondisi penyakit ini terjadi karena terjadinya peradangan pada kulit. Eksim dapat menyerang bagian tubuh mana saja namun bagian tubuh yang paling sering mengalami luka Eksim adalah bagian tangan dan kaki. Akibat yang ditimbulkan dari penyakit eksim ini adalah kulit menjadi merah, gatal, kering bahkan menyebabkan pecah-pecah yang kasar terjadi di berbagai bagian tubuh.

penyakit eksim

Ada beberapa tanda dari munculnya penyakit eksim ini, gejala yang paling umum terjadi yaitu adanya kulit yang menebal dan menimbulkan rasa yang gatal. Gatal ini bisa terjadi di berbagai bagian tubuh seperti kaki leher dan wajah, jika di biarkan maka eksim akan makin besar. Bagian tubuh tertentu seperti lipatan siku lutut maupun lipatan selangkangan menjadi sumber tumbuh suburnya eksim.

Karena lipatan cenderung lembab, keringat dan kotoran yang ada dalam lipatan akan menimbulkan bakteri dan kuman yang menyebabkan kulit menjadi luka, hal ini akan menyebabkan gatal namun jangan pernah digaruk karena jika digaruk kondisi akan semakin buruk, kulit akan menjadi rusak dan menimbulkan luka yang terbuka. Luka yang terbuka inilah kemudian yang menyebabkan bakteri semakin tumbuh subur. Kondisi-kondisi sakit eksim akan memunculkan berbagai macam kondisi lain seperti akan menimbulkan rasa tidak nyaman karena rasa gatal tersebut sering datang pada malam hari.

Kondisi penderita juga akan mengalami kesulitan tidur karena rasa gatal yang mengganggu waktu istirahat. Kulit yang terluka karena eksim dapat mengalami infeksi dan sakit pada beberapa kondisi eksim juga sangat berbahaya jika digaruk karena ketika di garuk kemudian kuman yang menmepel pada kuku dan jari akan pindah ke bagian kulit yang lain akan memicu tumbuhnya luka yang baru. Ada berbagai macam Penyebab penyakit eksim yaitu .

  1. Stres

Stres tidak memicu eksim secara langsung namun akan menimbulkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang memicu eksim menjadi lebih parah.

  1. Tungau dan Kutu

Penyebab  yang kedua adalah adanya binatang penyebar penyakit seperti tungau, tungau hidup pada lingkungan yang lembab dan tidak terpapar matahari, jadi pastikan bahwa tempat tidur dan kamar anda terpapar matahari langsung agar kutu dan tungau penyebab eksim tidak hinggap.

  1. Panas dan keringat

Panas dan keringat juga menjadi penyebab datangnya eksim karena panas akan memicu suhu tubuh menjadi tinggi dan menyembuhkan keringat, sementara keringat segera dibersihkan akan memicu kulit menjadi tidak higienis dan menjadi sarang bakteri.

  1. Iklim yang dingin serta kering

Iklam yang dingin dan kering juga akan membuat penyakit eksim datang,  karena kulit yang kering kering akan memicu tumbuh suburnya bakteri penyebab penyakit.

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan eksim yang pertama yaitu tentu saja karena tinggal di area lingkungan yang kotor atau tidak bersih kondisi lingkungan kotor ini yang memicu alergi kondisi yang kedua yaitu kurangnya menjaga kesehatan di dalam tubuh. Di dalam badan yang bersih terdapat kulit yang sehat sehingga jika badan sering dibersihkan akan menghilangkan berbagai macam penyakit dan timbul karena kotoran ataupun keringat. Selalu gunakan baju yang bersih dan higienis dan rutin dicuci, pakaian yang memiliki keringat kemudian digantung dan tidak segera dicuci akan memicu berbagai macam kuman dan penyakit.

Selalu konsumsi makanan yang cocok untuk tubuh Beberapa orang tidak cocok mengonsumsi makanan tertentu sehingga menyebabkan alergi untuk pengobatannya sendiri bisa digunakan diobati dengan obat-obatan yang mengandung seperti Hydrocortisone, Antihistamin dan Corticosteroid.

Pengobatan eksim yang bisa dilakukan dirumah bisa melakukan berbagai macam pengobatan seperti menggunakan obat alergi atau mengandung anti untuk gatal, mengoleskan krim anti gatal pada bagian tubuh yang sakit, membersihkan dan melembabkan kulit sehari 2 kali, jangan menggaruk luka eksim karena akan menyebabkan luka semakin besar dan menyebar, mengompres dengan air yang dingin atau basah jika mandi maka gunakan air yang hangat karena air yang dingin akan memicu terjadinya suhu yang tidak stabil dalam tubuh.

Gunakan sabun cair atau sabun antiseptik yang hanya bisa digunakan oleh satu orang, penggunaan sabun bersama, gunakan pakaian yang tidak memicu gerah ataupun keringat, pakaian yang bagus itu adalah berbahan katun yang dingin saat digunakan dan lembut pada kulit. Hindari juga stres dan kegelisahan karena akan memicu berbagai macam penyakit salah satunya eksim. Terapi bisa digunakan di rumah dengan cara melakukan balutan basah menggunakan bahan kain yang lembut bersih dan gunakan air hangat untuk membalut bagian kulit yang terkena eksim.

Untuk terapi juga menggunakan dengan cara terapi cahaya matahari, karena cahaya matahari memiliki kandungan vitamin D dengan menjemur kulit dibawah cahaya matahari maka akan menjauhkan kulit dari berbagai macam penyakit yang mengganggu. Kondisi ini sangat baik untuk anak yang memerlukan vitamin D dan perawatan berendam air hangat alami juga dapat membantu untuk eksim tempat wisata alami yang menggunakan belerang. Ketika mandi dan berendam jangan menggosok dan menyentuh kulit yang mengalami eksim karena akan membuat luka.

Selain itu Anda juga dapat melakukan relaksasi atau perawatan stres, stres tidak menyebakan eksim secara langsung namun kondisi eksim dengan dibarengi oleh stres akan memperburuk kondisi yang terjadi. konsultasi dan konseling terhadap orang yang mumpuni juga sangat diperlukan karena eksim termasuk jenis penyakit yang menggerus kepercayaan diri beberapa orang malas untuk mengkonsultasikan karena malu namun jika malu dan dibiarkan kondisi eksim akan semakin parah jadi harus menghilangkan hambatan malu ini agar ditemukan solusi dan pengobatan yang lebih baik.