Penyakit Herpes, Penyakit Kulit yang Dapat Menular

Posted on

penyakit Herpes Suatu kondisi dimana kulit mengalami infeksi sehingga menimbulkan luka dan lecet yang cukup menyakitkan. Herpes memiliki dua jenis yakni Herpes Simplex dan Herpes Zoster. Perbedaan Herpes Simplex dan Herpes Zoster, Herpes Simplex adalah jenis herpes menakutkan karena menyerang organ genital  sementara Herves Zoster adalah herpes yang menyerang wajah dan bagian kulit lain jenis herpes Zoster sering juga di sebut dengan cacar air dan umum di temukan di banyak orang.

penyakit herpes

Dari segi penyebabnya Herpes Simplex di sebabkan oleh Virus Herpes Simplex sementara Herpes Zoster di sebabkan oleh virus Varicella Zoster. Herpes Zoster sering juga disebut dengan cacar air karena memang bentuknya terdapat lepuhan dan berisi air serta berkelompok. Untuk jenisnya sendiri macam jenis virus herpes, berikut penjelasan dari berbagai jenis virus herpes.

  1. Herpes Simplex virus Tipe 1

Virus HSV 1 atau biasa disebut dengan Herpes Simplex virus Tipe 1 adalah akan menyebabkan penyakit Herpes pada bagian mulut, bisa menyebar ke alat kelamin jika melakukan hubungan seks dengan penderita melalui oral mulut. Virus herpes Simplex  juga dapat menularnya berbagai cara seperti berbagi peralatan makan maupun berbagi lipstik maupun kosmetik hal-hal yang biasanya memicu dari adanya Herpes Simplex.

Biasanya penderita akan terjadi lemas, demam dan nyeri otot akan timbul rasa nyeri sakit dan infeksi pada bagian yang terinfeksi, kemudian akan timbul blister yaitu kulit yang mengembang dan melepuh dan pecah sehingga menimbulkan rasa sakit.

  1.  Herpes Simplex tipe 2

Virus herpes yang satu ini menyerang alat kelamin biasanya bisa muncul karena adanya hubungan seksual dengan penderita herpes, pada bayi juga virus ini bisa menular karena saat persalinan sang Ibu memiliki virus HSV 2 yang kemudian di tularkan kepada keturunannya. Jika dibandingkan virus herpes yang lain Virus Herpes Simplex Tipe 2 ini paling sering menyakiti perempuan.

Gejala yang ditimbulkan dari virus herpes satu ini yaitu adanya rasa gatal serta sakit ketika akan buang air kecil adanya cairan yang keluar dari selangkangan lalu kemudian akan muncul koreng pada organ genital seperti pantat anus maupun paha.Penyebab dari virus HSV 2 ini adalah adanya hubungan seksual yang dilakukan bergonta-ganti pasangan serta memiliki kekebalan tubuh yang sangat rendah.

  1.  Virus Varicella Zoster atau VZV

VZV ini adalah jenis virus herpes umum yang sering hinggap yakni cacar air maupun cacar ular. Perbedaan cacar air dan cacar ular adalah cacar air merupakan cacar yang timbul pertama kali biasanya pada saat anak-anak, sementara cacar ular yaitu cacar yang muncul karena virus cacar air yang pertama tidur/tidak sembuh. Dan kemudian muncul kembali karena daya tahan tubuh yang lemah. Orang yang pernah mengalami cacar air biasanya mengalami rasa panas nyeri di bagian tubuh, akan muncul rasa yang kemerahan dan membentuk gumpalan yang berisi air.

Untuk cara mengobati herpes yang benar bisa dilakukan dengan berbagai macam cara yang perlu dilakukan adalah fokus kepada blister yang berisi cairan, ini bisa dibuat sembuhkan dengan obat antivirus yang mampu untuk mengurangi rasa sakit dan menghilangkan blister. Untuk pengobatan di rumah bisa dengan dikompres dengan air dingin atau air hangat pada bagian tubuh yang mengalami cacar atau herpes.

Untuk pencegahan penyakit herpes simplex bisa dilakukan dengan berbagai cara yang pertama untuk herpes genital yaitu selalu melakukan hubungan seksual yang sehat pada satu pasangan,  yang kedua selalu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui adanya penyakit yang ada dalam tubuh pencegahan dan pengobatan Herpes lebih dini akan membantu mengobati lebih baik.  Untuk penyakit herpes cacar pencegahan yaitu dengan cara jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat, lalu kemudian selalu membersihkan macam pakaian yang sering digunakan seperti sprei, handuk dan berbagai macam peralatan rumah tangga agar selalu kering serta bersih.

Pakaian, sprei, handuk baju yang tidak bersih dan kering akan menyebabkan berbagai macam bakteri sehingga akan memicu terjadinya sakit herpes. Efek dari timbulnya sakit herpes simplex seperti adanya kelenjar getah bening yang membengkak, timbulnya demam rasa yang tidak enak, badan tuhan untuk perempuan adanya keputihan pada anus kulit dan kelamin timbulnya luka pada kelamin. Luka akan menimbulkan rasa yang terbakar dan lecet serta mengeluarkan cairan yang berwarna kemerahan.

Untuk penyakit herpes zoster biasanya akan terjadi terhadap ruam-ruam seperti ruang pada sisi tubuh, pada bagian-bagian badan, timbulnya benjolan merah, ada pembengkakan, yang terakhir dan menjadi kerak kemudian akan menimbulkan berbagai macam penyakit gangguan tambahan seperti timbulnya kelelahan badan, demam, sakit kepala, panas dingin serta sensitif terhadap cahaya.

Herpes zoster dapat muncul dapat muncul kembali jika terjadi timbulnya penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti sedang menjalani kemoterapi atau radiasi berbagai macam obat-obatan yang melemahkan kekebalan tubuh untuk pencegahannya bisa dilakukan dengan melakukan vaksin cacar. U mendiagnosa seseorang menderita penyakit herpes atau tidak maka diperlukan cara mengambil jaringan atau lepuhan kemudian akan diperiksa di laboratorium dari hasil laboratorium di kemudian akan diketahui bahwa telepon tersebut adalah karena sakit cacar air atau herpes.

Untuk perawatan di rumah bisa dengan cara istirahat, istirahat yang baik akan meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat, untuk mengurangi rasa gatal pada cacar air bisa menggunakan lotion calamine, lakukan pola hidup yang baik seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi, serat yang cukup, diet teratur dan mengurangi stres. Hal ini akan membuat daya tahan tubuh Anda menjadi kuat dan terhindar dari penyakit.

Bagi ibu hamil yang mengalami herpes harus melakukan pemeriksaan secara rutin agar bisa dipantau cara penyembuhan dan pencegahannya karena herpes yang dialami ibu hamil sangat berpotensi besar untuk ditularkan kepada bayi, selalu membersihkan berbagai macam makanan yang bisa memunculkan virus seperti handuk, pakaian, cangkir, gelas. Rajinlah dalam mencuci tangan agar tidak ada bakteri yang tertinggal pada tangan, itulah berbagai macam cara pengobatan Herpes sebaiknya herpes genital maupun herpes yang normal seperti herpes cacar air menjaga kebersihan dan jaga lingkungan agar terhindar dari penyakit seperti ini.