Insomnia, Penyakit Ringan yang Sangat Mengganggu

Posted on

Insomnia adalah suatu penyakit yang sering hinggap pada sebagian besar orang dan sangat mengganggu. Secara bobot serangan penyakit jenis ini tidaklah berbahaya seperti halnya penyakit serius lainnya jantung, kolesterol, maupun stroke namun insomnia jika dibiarkan dan terus berulang-ulang dengan dalam waktu yang panjang akan memicu berbagai macam penyakit serius seperti jantung, stroke, anemia dan penurunan kekebalan tubuh.

penyakit insmonia

Kondisi insomnia ini bisa terjadi karena berbagai hal seperti gangguan pikiran, gelisah ataupun gangguan yang diakibatkan oleh penyakit lain. Penderita Insomnia ini umumnya kesulitan untuk istirahat, ada yang bisa istirahat namun secara kualitas sangat rendah sehingga sering terbangun. Sementara tidur sendiri adalah usaha tubuh untuk mengistirahatkan dari berbagai macam kelelahan baik mental maupun fisik, jika kita tidak tidur yang berkualitas maka otomatis kondisi tubuhpun menjadi terganggu.

Jika diklasifikasikan berdasarkan tipenya maka insomnia terdiri dari dua jenis yaitu tipe primer dan sekunder, tipe insomnia primer ini timbul dengan sendirinya tanpa adanya pemicu penyakit yang lainnya. Sementara insomnia Sekunder adalah insomnia yang hadir karena adanya kondisi medis atau penyakit yang lain. Secara intensitasnya insomnia dibagi dua yaitu jenis insomnia akut dan insomnia kronis untuk insomnia akut yakni gangguan insomnia yang memiliki gejala yang ringan, serangan cuman satu atau dua hari.

Sementara untuk Insomnia kronis adalah suatu gangguan insomnia yang sangat lama bisa sampai sebulan atau lebih yang dirasakan setiap malam. Insomnia ini umumnya menyerang lebih banyak kepada perempuan dibanding laki-laki hal ini karena perempuan lebih sensitif terhadap perasaan dan rentan terhadap berbagai macam kondisi gangguan pada pikiran seperti cemas maupun depresi.

Insomnia bisa terjadi pada pasien dengan umur berapa pun namun biasanya umur dewasa hingga lanjut usia adalah umur yang paling banyak menderita Insomnia, karena dengan umur dewasa maka tanggung jawab pun semakin bertambah dan berbagai macam beban pun menjadi semakin besar sehingga sangat berpengaruh terhadap pikiran. Tanda dari insomnia sendiri bisa dilihat dari berbagai macam hal, hal yang pertama yaitu sulit ketika akan memulai tidur pada malam hari terutama pada malam yang ideal untuk tidur seperti di bawah jam 10.

Kondisi yang kedua yaitu setelah tidur maka sering sekali terbangun di tengah malam tanpa alasan yang jelas, setelah bangun biasanya akan sulit juga untuk kembali tidur. Kondisi ini kemudian akan menyebabkan bangun tidur menjadi tidak fresh dan menjadi lelah akibatnya pada saat beraktivitas di siang hari pada saat bekerja atau maupun belajar pengidap insomnia akan mengalami ngantuk dan cepat kelelahan. Kondisi ini kemudian akan memicu berbagai macam masalah seperti masalah depresi, gugup, cemas, marah dan kehilangan mood atau semangat, fokus juga akan hilang seperti hilangnya fokus pada tugas-tugas, sulit dalam memperhatikan dan konsentrasi, serta sulit untuk mengingat. Untuk efek psikis akibat dari Insomnia akan mengalami sakit kepala atau kepala terasa tegang.

Ada berbagai macam penyebab insomnia yang bisa terjadi yang pertama

  1. Stres dan Kecemasan

Stress dan kecemasan yang dimiliki akan menimbulkan pikiran yang tidak tenang dan tidak rileks, sehingga tubuh merasa lelah. Jika pikiran dan cemas maka akan muncul ketidaknyamanan yang akan membuat Anda sulit untuk beristirahat.

  1. Kebiasaan jam tidur yang buruk

Hal yang kedua yang menjadi penyebab insomnia adalah kebiasaan tidur yang buruk, jika dibiasakan tidur jam 10 maka otomatis pada malam berikutnya tubuh akan merespon ngantuk dan ingin istirahat pada jam 10. Ketika pola tidur ini terganggu maka respon tubuh untuk tidur di jam biasanya pun menjadi terganggu.

  1. Mengkonsumsi kafein dan alkohol

Mengkonsumsi kafein dan alkohol juga akan menjadi penyebab susah untuk tidur karena akan membuat orang untuk selalu terjaga dan segar, begitupun dengan alkohol yang menyebabkan orang selalu euphoria.

  1. Banyak makan di malam hari

Kebanyakan makan di malam hari akan mengganggu kenyamanan dalam tidur karena makan selain akan berdampak buruk pada perut juga akan membuat tidak nyaman saat dibaringkan, tidur menjadi begah dan penuh.

  1. Karena efek penyakit lain

Penyakit insomnia juga bisa terjadi karena kondisi medis lain yang menyertai seperti gangguan alergi dan asma yang membuat kesulitan bernapas, susah buang air kecil, penggunaan konjungsi obat-obatan seperti corticosteroid antidepresan dan obat untuk hipertensi juga akan membuat Anda susah untuk tidur.

Pengobatan insomnia bisa dilakukan dengan berbagai macam hal-hal yang pertama yaitu dengan cara mengkonsumsi obat-obatan yang dapat memicu untuk istirahat seperti pil tidur obat-obatan ini, Anda juga bisa menggunakan terapi gangguan pada tidur seperti terapi relaksasi, terapi relaksasi akan membantu otot lebih tenang menghilangkan pikiran negatif dan menyingkirkan rasa khawatir.

Terapi perilaku kognitif juga dapat dilakukan untuk menghindari berbagai macam kecemasan selain itu juga bisa dilakukan dengan cara rutin olahraga karena akan membentuk tubuh yang kuat dan sehat sehingga pikiran lebih terjaga dan badan menjadi segar. Untuk olahraga hindari olahraga saat sebelum tidur atau di malam hari karena ini akan memicu berbagai macam gangguan seperti metabolisme, suhu tubuh yang tidak stabil dan energi yang meningkat .

Waktu pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk olahraga karena tubuh akan terangsang untuk segar dalam menyongsong aktivitas sehingga rutinitas di siang haripun menjadi lebih segar dan bersemangat. Hindari makan malam dan meminum alkohol, jika memang malam susah tidur dan siang hari menjadi pusing maka bisa juga tidur sebentar untuk meredakan badan sehingga bisa beraktivitas dengan lebih baik.

Perbaiki kebiasaan untuk tidur, paksakan untuk tidur untuk di bawah jam 10 dan selalu konsisten, selesaikan pekerjaan di bawah jam 10 dan jauhkan berbagai macam peralatan elektronik yang dapat mengganggu waktu istirahat anda. Itulah berbagai macam tips dan cara untuk mengobati insomnia dapat membantu anda untuk menemukan jam istirahat yang baik.