Jerawat yang Mengganggu Usir Dengan Tips dan Cara Ampuh Di Bawah Ini

Posted on

Jerawat adalah salah satu penyakit kulit baik bagi laki-laki maupun perempuan jerawat ini biasanya hinggap pada bagian wajah sehingga memiliki jerawat akan sangat minder dan tidak percaya diri. Berbagai macam cara menghilangkan jerawat pun dilakukan dari mulai mengatasi jerawat dengan cara klinis maupun mengatasi jerawat dengan cara herbal. Hal ini dilakukan untuk mengusir jerawat yang membandel di wajah sehingga kembali dapat percaya diri.

tips menghilangkan jerawat

Ada berbagai macam jerawat, seperti jerawat yang mudah sembuh dengan sendirinya atau dapat sembuh dengan penanganan yang minim. Ada juga jerawat yang membandel atau juga biasa disebut dengan jerawat batu, secara kuantitas hanya jerawat bisa memiliki satu atau dua titik sehingga tidak terlalu mengganggu namun pada kondisi yang parah ada juga yang memiliki jerawat yang banyak pada wajah, kondisi jerawat yang seperti inilah yang  akan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Ada berbagai macam penyebab jerawat, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Terjadi peralihan usia atau pubertas

Jerawat umumnya terjadi pada saat usia peralihan antara anak-anak ke remaja, usia ini terjadi pada masa pubertas yang menyebabkan hormon-hormon seseorang menjadi lebih besar sehingga ditandai dengan muncul jerawat di muka.

  1. Perubahan hormon

Perubahan hormon bisa terjadi ketika seseorang mengalami sakit ataupun gangguan kesehatan lainnya, sehingga hormon yang dihasilkan pun berlebih dan menyebabkan jerawat yang tak terkendali di wajah. Hal ini merupakan kondisi jerawat yang wajar karena setelah seseorang kembali normal maka jerawat pun perlahan akan hilang.

  1. Perawatan kulit yang salah

Orang-orang terutama perempuan selalu ingin memiliki kulit yang sehat, putih dan mulus namun perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau memiliki kandungan yang tidak sehat membuat wajah malah semakin rusak, sehingga timbul jerawat yang tidak diinginkan.

  1. Terlalu sering mencuci muka atau malas mencuci muka

Aktivitas harian akan memicu berbagai macam kotoran inilah pentingnya untuk membasuh muka agar selalu bersih dan terhindar dari kotoran. Selain itu wajah juga memiliki pelembab alami terlalu sering mencuci muka juga menimbulkan efek yang tidak baik dari wajah, karena wajah jadi kehilangan perlindungan alaminya.

  1. Faktor gen

Faktor gen sering terjadi karena orang tersebut memiliki keturunan yang juga memiliki hormon yang tinggi dan jerawat seperti ini tidak dapat dihindarkan namun dapat di antisipasi atau diminimalisir.

  1. Stres atau pikiran yang terganggu

Stres juga dapat memicu terjadinya jerawat karena stres atau tekanan dalam pikiran akan membuat hormon menjadi tidak seimbang dan memicu timbulnya berbagai macam gejala seperti jerawat.

Setelah diketahui berbagai macam penyebabnya maka selanjutnya kita akan membahas mengenai cara mengatasi jerawat dengan bahan yang alami di bawah ini.

  1. Lidah Buaya

Di dalam lidah buaya terdapat polifenol yang dapat berfungsi untuk mengusir jerawat yang ada pada kulit. Jika digunakan teratur dan teliti maka jerawat bisa hilang, untuk menggunakan jerawat dengan lidah buaya bisa menggunakannya dengan cara masker dan mengoleskannya ke wajah secara teratur sebelum tidur. Kemudian setelah selesai diamkan selama 20 sampai 30 menit dan bilas dengan air bersih yang mengalir dan keringkan dengan handuk kering bersih yang khusus untuk muka.

  • Putih Telur

Siapa sangka ternyata kandungan putih telur juga memiliki khasiat yang baik untuk jerawat, di dalam putih telur terdapat enzim  lysonzim. Sama dengan menggunakan lidah buaya, putih telur juga bisa digunakan sebagai masker caranya dicampur kan dengan air kemudian balurkan ke wajah.

  • Bawang Putih

Bawang putih memiliki zat sulfur yang sangat baik untuk wajah, untuk menggunakan bawang putih sebagai obat jerawat maka tidak perlu mencampurkan dengan bahan lain caranya cukup mengambil bawang putih utuh kemudian dipotong menjadi dua. Hasil potongan itu kemudian di oleskan ke bagian kulit yang berjerawat diamkan selama 15 sampai 20 menit kemudian bilas dengan air bersih yang mengalir.

4. Mentimun

Jenis sayur yang satu ini sudah dikenal lama sebagai satu sayuran yang ajaib, salah satu kegunaan dari sayuran ini adalah bisa mengobati jerawat karena mengandung vitamin serta asam amino yang cukup tinggi. Cara untuk penggunaannya bawang putih yakni mengupas mentimun yang masih segar dan berkualitas baik kemudian mengoleskannya dalam jerawat.

5. Air Lemon

Selain dicampurkan dengan putih telur,  air lemon juga bisa langsung digunakan sebagai obat jerawat karena memiliki asam askorbat yang baik untuk jerawat. Caranya dengan perasan lemon dicampurkan dengan sedikit air hasil dari perasaan tersebut kemudian dioleskan kepada bagian bikin jerawat.

6. Madu

Adalah jenis bahan alami yang dihasilkan oleh lebah, memiliki banyak khasiat salah satunya adalah untuk jerawat dengan cara digunakan sebagai masker atau di oleskan ke bagian wajah yang memiliki jerawat.

7. Tomat

Selain mentimun tomat juga bisa digunakan sebagai obat jerawat karena mengandung vitamin A dan  C penggunaannya yakni dipotong kemudian hasil potongan tersebut dioleskan kepada bagian tubuh yang memiliki jerawat.

8. Pepaya

Siapa yang tidak menyukai buah yang satu ini selain segar dan juga bisa membuat adem untuk sistem pencernaan ternyata pepaya juga bagus untuk mengobati jerawat karena memiliki kandungan enzim papin. Untuk menggunakan jerawat bisa menggunakannya dengan cara di dihancurkan kemudian di jadikan masker.

9. Cuka Apel

Cuka Apel adalah bahan ekstrak alami yang dihasilkan dari buah apel, cuka apel ini memiliki berbagai macam khasiat salah satunya untuk mengobati jerawat karena cuka apel memiliki antiseptik yang baik untuk mengobati kuman dan bakteri. Untuk pengobatannya cukup dengan mengambil satu atau dua sendok cuka apel dan mengoleskan kepada bagian tubuh yang memiliki jerawat.

10. Es Batu

Siapa sangka bahan sederhana dan mudah didapatkan di setiap rumah ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Es mampu membuat kulit menjadi dingin rileks dan segar, cara pengobatan jerawat dengan Es batu yakni dengan mengoleskan es batu bagian wajah yang berjerawat.

11. Alpukat

Alpukat yang nikmat untuk dimakan sebagai jus ini juga memiliki khasiat yang baik untuk jerawat. Cara untuk menggunakan alpukat sebagai obat jerawat adalah dengan menggunakan masker campuran alpukat dengan madu. Alpukat dihancurkan kemudian oleskan ke dalam wajah sebagai bahan masker.

12. Pasta Gigi

Alat untuk gosok gigi satu ini ternyata juga bisa digunakan untuk obat jerawat karena mengandung berbagai macam bahan yang baik seperti triclosan, hidrogen dan fluorin. Oleskan pasta gigi bagian wajah yang berjerawat. Diamkan hingga 10 sampai 20 menit hingga pasta gigi meresap dan bilas dengan air bersih.

13. Kulit Jeruk

Selain buahnya yang bisa digunakan sebagai makanan sumber vitamin C kulit jeruk juga bisa digunakan sebagai masker untuk wajah yang berjerawat, caranya kulit jeruk dijemur hingga kering kemudian ditumbuk hingga halus tambahkan sedikit air kemudian usapkan ke wajah sebagai masker, kandungan kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid.

Itulah beberapa tips alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat namun jika anda rasa pengobatan alami itu belum maksimal atau jerawat yang dimiliki sudah sangat mengganggu maka bisa mengkonsultasikannya ke dokter sehingga didapatkan diagnosa dan cara yang lebih baik.