Jintan Hitam (Habatusauda), Rempah Ajaib Seribu Khasiat

Posted on

Habbatussauda memiliki nama Latin nigella Sativa Linn yang dikenal dengan nama jintan hitam merupakan sebuah rempah-rempah yang sangat dikenal sebagai obat dan sudah digunakan sejak zaman dahulu di berbagai negara yang ada di daerah timur Tengah serta Pakistan.   Awal sejarah digunakannya habbatussauda sebagai obat sejak tahun 3000 sebelum Masehi dan sudah tercatat di berbagai macam-macam yang menulis tentang khasiat pengobatan zaman dahulu seperti buku al-antiki,  al-baghdadi,  ibnu qayyim serta Ibnu Sina. 

Habbatussauda

Bahkan seorang tokoh ahli pengobatan yang sangat terkenal baik di di pengobatan barat maupun timur,  Ibnu Sina sudah memasukan Habbatussauda sebagai bahan pengobatan yang ampuh untuk berbagai macam penyakit.

Ada berbagai macam kandungan manfaat kesehatan dari Habbatussauda

1. Dapat mengatasi penyakit diabetes

Dalam habbatussauda terdapat sebuah zat senyawa aktif yang bernama thymoquinone, thymoquinone seperti yang dilakukan oleh penelitian dari Universitas Teknologi Mara Malaysia 2014 dapat menghentikan perkembangan penyakit diabetes, hal ini karena dapat  dapat menghambat metabolisme Glukosa yang ada  dalam hati.  Penelitian lebih lanjut digunakan untuk mencari alternatif dari insulin dan habbatussauda dijadikan salah satu alternatifnya.

1. Dapat mencegah kanker

Menurut penelitian yang dilakukan oleh African journal of tradisional 2011 maka ditemukan bahwa dalam habbatussauda terdapat poker yang dapat mencegah berbagai macam penyakit kanker seperti kanker kulit prostat, kanker serviks, kerangka pankreas, kanker paru-paru dan kanker usus. Di dalam habbatussauda terdapat zat etanol antioksidan untuk menghambat sel kanker, dalam etanol terdapat perlindungan terhadap oksidatif dalam tubuh sehingga dapat menghalau berbagai macam gangguan seperti radikal bebas berbagai macam penyakit kronis salah satunya adalah kanker.

2. Dapat mengendalikan gula darah dalam tubuh

Menurut penelitian yang dilakukan oleh complementary therapies in medicine pada tahun 2017 habbatussauda dapat menjaga kadar gula dalam darah dalam tubuh tetap seimbang hal ini tentu saja sangat baik untuk pasien yang sedang menderita diabetes. Ekstrak habbatussauda juga dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

3. Dapat melawan bakteri

Di dalam tubuh terdapat sebuah bakteri  methicillin-resistant Staphylococcus aureus adalah sebuah bakteri yang kebal terhadap antibiotik. Habbatussauda menurut penelitian yang dilakukan oleh journal of ayub medical pada tahun 2008 menyebut bahwa habbatussauda dapat menghambat pertumbuhan dari bakteri tersebut.

4. Dapat mencegah jerawat

Kombinasi antara habbatussauda dengan jeruk nipis dipercaya dapat mencegah jerawat, karena habbatussauda memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat meredakan peradangan.  Untuk mengobati jerawat dengan Habbatussauda cukup dengan mencampurkannya dengan jeruk nipis kemudian dioleskan kepada bagian wajah yang mengalami jerawat kurang lebih 2 kali sehari.

5. Dapat menurunkan kolesterol menurut Sebuah jurnal pharmalogical research 2016 menyebutkan bahwa habbatussauda dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh.  Adapun habbatussauda yang dapat menurunkan kolesterol adalah habbatussauda dalam bentuk minyak.

6. Dapat membantu pencernaan

Di dalam habbatussauda terdapat minyak atsiri yang dapat menyembuhkan berbagai macam gangguan pada pencernaan. Ekstrak habbatussauda sangat berguna untuk meredakan perut yang begah serta banyak angin sehingga perut kembali lega dan tidak kembung.

7.  Dapat membantu perkembangan otak

Di dalam habbatussauda terdapat kandungan asam linolenat, kandungan asam amino yang akan membantu otak untuk lebih berkonsentrasi serta merangsang sel untuk menambah daya ingat.

8. Apakah rematik yang mengganggu

Habbatussauda memiliki Komponen yang dapat melawan peradangan komponen inilah yang akan melawan gangguan pada rematik. Cara untuk mengkonsumsinya adalah mengkonsumsi minyak habbatussauda 1000 MG per hari selama 8 Minggu.

9. Dapat menawarkan racun

Di dalam habbatussauda terdapat kandungan saponin kandungan nilai akan membantu fungsi hati dalam tubuh untuk mengelola toksik yang masuk dan menetralisir untuk mengeluarkannya kembali ke luar tubuh.

10. Mencegah gangguan maag

Salah satu gangguan maag yang mengganggu dan berbahaya adalah tukak lambung lambung bisa terjadi karena terkikisnya Dinding lambung dan menyebabkan luka. menurut sebuah studi yang dilakukan oleh jurnal of college Pakistan 2011 habbatussauda mampu untuk melindungi Dinding lambung dari peradangan dan iritasi.

11. Menurunkan tekanan darah

Dalam sebuah penelitian pernah dilakukan percobaan pada kedua kelompok, kelompok pertama diberi pil habbatussauda dengan dosis 100 gram kelompok kedua diberi pil habbatussauda dengan dosis 200 gram dan kelompok ketiga diberi kapsul kosong, obat ini diminum secara rutin 2 kali sehari selama 8 Minggu hasilnya adalah 2 kelompok yang minum habbatussauda ditemukan tekanan darah diastolik dan sistolik nya menurun, intensitas penurunanya sangat kecil yaitu 1 sampai 3 mmhg.

12. Meningkatkan kualitas sperma

Minyak yang dihasilkan dari ekstrak Habbatussauda menurut penelitian di Universitas Malaysia pada tahun 2014 diyakini dapat meningkatkan kualitas sperma serta menunjang struktur testis menjadi lebih baik sehingga bisa menghasilkan kualitas sperma yang bagus. Penelitian lain yang dilakukan oleh Profesor Elis data SPPD dari Universitas Sam Ratulangi Manado di dalam habatusauda terdapat kandungan seng yang dapat mengaktifkan testosteron sehingga dapat  memicu timbulnya free testosterone.

13. Merawat Wajah

Habbatussauda juga dapat digunakan untuk merawat wajah caranya dengan mencampurkan jeruk nipis dan minyak habatusauda, setiap campuran jus jeruk nipis dengan minyak habbatussauda adalah dari satu cangkir jus jeruk nipis maka perlu dicampur dengan setengah sendok teh Habbatussauda maka perlahan noda jerawat dan hitam  yang ada dalam wajah pun akan pudar, masalah perpecahan pada kulit juga dapat diatasi dengan cara mengoleskan minyak habatusauda kepada bagian kaki yang mengalami pecah-pecah.

14. Mengobati Flu dan Hidung tersumbat

Untuk yang mengalami masalah pada hidung tersumbat kamu juga bisa mengobatinya dengan cara menambahkan minyak habbatussauda ke dalam air yang mendidih kemudian asap yang mengepul di air mendidih tersebut dihirup oleh hidung sehingga akan membantu masalah hidung yang tersumbat.

Itulah berbagai manfaat habbatussauda yang kaya akan kesehatan silakan gunakan habbatussauda dengan dosis dan pemakaian yang wajar sehingga tidak dapat menghasilkan efek samping yang tidak perlu.