Maag Kronis Penyakit Ringan yang Bisa Menimbulkan Kematian

Posted on

Penyakit maag hampir dapat dimiliki oleh semua orang karena jenis penyakit satu ini berhubungan dengan konsumsi makanan yang tidak teratur. Dari awalnya konsumsi makanan yang tidak teratur kemudian akan menimbulkan sakit maag yang ringan, jika penyakit maag ringan ini dibiarkan maka akan meningkat menjadi sakit maag kronis. Sakit maag kronis ini terjadi bila lapisan di dalam perut mengalami inflamasi sehingga lapisan perut di dalam lambung akan kehilangan sel pelindung.

Maag kronis dapat terjadi karena beberapa faktor seperti konsumsi obat-obatan tertentu yang dilakukan secara lama sehingga akan mengganggu pada kekebalan tubuh dan menyebabkan radang pada lambung, mengkonsumsi minuman alkohol dalam jangka waktu yang lama, menderita penyakit diabetes dan gagal ginjal. Ada berbagai macam gejala maag kronis ini, gejala tersebut seperti adanya penurunan berat badan karena tubuh tidak nafsu makan atau cepat kenyang, perasaan begah pada perut, ada rasa untuk muntah dan mual setelah makan, rasa yang tidak nyaman dan mengganggu pada saluran pencernaan, serta terjadi sakit bagian perut bagian atas.

Perbedaan maag kronis dan maag yang biasa terdapat pada ciri-ciri berikut ini.

Maag yang biasa terjadi karena adanya pola makan yang buruk, biasanya penderita maag yang biasa memiliki pola makan tidak teratur, terlalu banyak atau cepat sehingga lambung tidak dapat memproduksi makanan secara baik, lalu konsumsi berbagai macam makanan dan minuman yang tidak sehat seperti kafein pada makanan yang memiliki tingkat kepedasan, minyak dan lemak yang tinggi.

Sementara maag kronis adalah penyakit yang disebabkan oleh radang lambung, maag  yang awalnya sakit maag biasa terjadi dalam periode yang lama di atas 6 bulan dan secara terus-menerus hal inilah yang menyebabkan kondisi lambung menjadi semakin parah. Dinding lambung menjadi radang, infeksi dan luka. Kondisi ini dapat terjadi karena pembiaran serta pola makan yang tidak memiliki perbaikan selama lambung sudah memiliki gejala maag biasa.

Maag yang kronis tidak terjadi secara tiba-tiba namun terjadi karena adanya akumulasi sakit maag yang berjalan terus menerus dan tanpa bisa disadari jadi agar dapat mencegah terjadinya maag kronis, penting untuk dipastikan agar makanan selalu masuk dalam tubuh sesering mungkin dengan bobot yang tidak terlalu banyak sehingga akan menjaga lambung untuk tetap berproduksi dan mencegah terjadinya asam lambung.

Salah satu contoh penderita gejala maag kronis yang banyak mendapat perhatian di Indonesia  terjadi pada dokter Ryan Thamrin. Dokter yang dikenal sebagai salah satu selebritis dan mengisi acara satu stasiun televisi swasta bertajuk dr Oz ini harus meninggal karena menderita maag kronis. Dokter Ryan Thamrin diketahui sudah mengalami maag selama 1 tahun, ia pun rutin memeriksakan diri ke rumah sakit yang ada di Sumatera dan Malaysia. Namun takdir berkata lain dan dr Ryan  tidak dapat tertolong dan meninggal di umurnya yang 39 tahun.

Ada berbagai macam penyakit yang ditimbulkan oleh maag kronis seperti.

  1. Anemia

Anemia bisa di sebabkan oleh radang lambung yang kronis hal ini dapat terjadi karena lambung yang mengalami iritasi sehingga akan menyebabkan pendarahan kronis pada lambung pendarahan kronis inilah yang kemudian akan menyebabkan anemia.

  • Gastritis atrofi dapat menimbulkan kekurangan vitamin B12, karena tubuh tidak lagi dapat memiliki kekuatan untuk menyerap vitamin B12 dengan benar.

Ada berbagai macam tipe maag kronis yaitu

  1. Maag kronis tipe a menyerang pada sistem kekebalan tubuh sehingga semua bagian tubuh yang terganggu akan menyebabkan sel-sel yang rusak, ini dapat menimbulkan berbagai macam gangguan seperti ada banyak anemia,  kekurangan vitamin, hingga penyakit yang sangat mematikan yaitu kanker.
  2. Maag kronis tipe B

Maag kronis tipe B yaitu yang disebabkan oleh helicobacter pylori. Bakteri ini akan menyebabkan berbagai macam gangguan seperti adanya tukak lambung, kanker lambung hingga tukak usus. Jenis maag kronis yang disebabkan oleh bakteri ini adalah jenis maag yang paling umum dan sering terjadi.

  1. Maag kronis tipe C

Maag kronis tipe ini disebabkan oleh berbagai macam makanan dan obat yang masuk ke dalam tubuh. Obat-obat tersebut seperti obat anti inflamasi non steroid atau biasa juga disebut dengan oains serta konsumsi minuman beralkohol yang dilakukan secara lama. Kondisi maag kronis dengan sebab seperti ini akan menyebabkan mengikisnya dinding lambung serta erosi sehingga dinding lambung menjadi rusak dan rawan terkena berbagai macam penyakit.

Kondisi maag tidak bisa disembuhkan secara total namun jenis penyakit ini bisa diatasi jika melakukan pengobatan secara benar. Untuk cara menangani maag kronis maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan cara mengetahui penyebabnya terlebih dahulu jika ternyata maag kronis terjadi karena adanya bakteri helicobacter pylori pertolongan yang dapat dilakukan dengan cara menggunakan antibiotik untuk membunuh berbagai kuman tubuh gangguan asam lambung maka dapat diberikan obat yang mengandung antasida, obat yang dapat melindungi Dinding lambung obat yang dapat meredakan produksi asam lambung.

Serta jauhi berbagai macam asupan makanan dan minuman yang tidak baik bagi tubuh seperti obat-obatan yang berdampak negatif serta minuman yang mengandung alkohol. Maag yang kronis akan menimbulkan berbagai macam ciri seperti adanya kotoran yang berwarna hitam muntah yang intensitasnya sering pada lambung yang terusan serta berbagai macam ciri lain yang lebih parah seperti berat badan yang terus menurun dara intensitas detak jantung yang tidak terkontrol sesak nafas kantuk yang menyerang dengan sangat berat pingsan serta mengalami gangguan kesadaran seketika.

Itulah berbagai macam gejala kondisi cara pencegahan dan cara pengobatan dari maag kronis. Menjaga asupan makanan secara bergizi dan teratur serta rutin memeriksakan diri ke dokter adalah kunci dari terhindar penyakit maag yang mematikan  ini.