Minyak Tanamu Tanami, Obat Herbal Berkhasiat Untuk Kulit dan Wajah

Posted on

Minyak Tanamu Tanami adalah sebuah minyak hasil dari produksi PT Tamba Waras milik Bapak Servasius Bambang Pranoto yang berdomisili di Bali.  Sama seperti halnya minyak kutus-kutus minyak tanamu tanami juga diciptakan oleh orang dan perusahaan yang sama.  Terciptanya minyak tanamu tanami berawal dari kondisi sakit yang di alami oleh Bapak Pranoto sendiri sebagai owner dari PT Tamba Waras. Dimana saat itu beliau mengalami sakit herpes yang tidak kunjung sembuh, kemudian sambil melakukan proses penyembuhan beliau juga melakukan eksperimen obat herbal dari campuran bahan  alami yang banyak ditemukan di Indonesia.

minyak tanamu

Kemudian didapatkan lah sebuah minyak yang berasal dari pohon nyamplung yang kemudian beliau gunakan dan dapat menyembuhkan sakit herpesnya dalam waktu tiga hari.  Atas pengalaman inilah kemudian beliau mengembangkan minyak tanamu-tanami yang berdasar dari tiga bahan utama yakni minyak nyamplung, minyak kelapa dan minyak zaitun serta pelengkap bahan herbal lainnya untuk di gunakan sebagai obat tradisional seperti yang sudah kita kenal sekarang.

Minyak nyamplung di dunia internasional dikenal dengan nama tanamu oil,  namun tanamu oil yang banyak tersedia di pasaran tersebut tidak dilengkapi dengan berbagai macam bahan herbal lainnya, sehingga inilah yang membuat minyak tanamu-tanami menjadi berbeda. Bahan utama pembuat minyak tanamu-tanami yakni pohon nyamplung banyak ditemukan di Cilacap masyarakat setempat biasanya memanfaatkan minyak nyamplung sebagai biodiesel selain itu di Bali juga zaman dahulu banyak ditemukan pohon nyamplung namun seiring dengan perkembangan zaman dan pembangunan, pohon nyamplung di Bali menjadi sedikit habitatnya. 

Ada berbagai macam khasiat yang bisa didapatkan dari minyak tanamu-tanami. Khasiat itu seperti dibawah ini.

  1. Merawat dan memperbaiki kesehatan kulit

Kulit yang baik, bersih dan jernih adalah  impian dari banyak orang terutama perempuan. Minyak tanamu-tanami dapat meremajakan sel-sel kulit yang mati dan perbaiki sel kulit agar lebih kencang dan sehat. Bahan baku minyak tanamu-tanami yang berasal dari minyak nyamplung sangat mudah untuk diserap oleh kulit. Minyak ini juga mampu untuk menghilangkan kerutan yang ada di wajah karena memiliki kandungan untuk melindungi sinar ultraviolet dan sPF 20.

  1. Berfungsi untuk memperlambat penuaan dini

Selain dapat mengencangkan kulit, minyak tanamu-tanami juga dapat memperlambat penuaan dini karena berasal dari minyak biji nyamplung dan berbagai ramuan herbal lainnya yang mampu untuk meregenerasi kulit. 

  1. Menyembuhkan berbagai macam gangguan kulit

Minyak tanamu-tanami mamp untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang mengganggu pada kulit. Berbagai macam penyakit hal ini karena dalam minyak tanamu tanami kandungan minyak zaitun dan minyak nyamplung yang memiliki kandungan lipid, glikolipid dan fosfolipid. 

  1. Dapat digunakan untuk mengobati penyakit eksim

Minyak tanamu tanami dapat digunakan sebagai minyak untuk menyembuhkan eksim karena dapat minyak ini dapat melembabkan dan berfungsi sebagai antiseptik yang dapat mengusir bakteri dan kuman yang ada dalam luka eksim.

  1. Obat untuk menghilangkan jerawat

Jerawat adalah penyakit yang sangat menyiksa bagi penderita kebanyakan orang, terutama bagi perempuan karena jerawat biasanya menyerang pada bagian muka.  Untuk jerawat yang ada pada muka ini akan membuat jerawat menjadi mencolok dan dapat dilihat oleh semua orang sehingga akan mempengaruhi kepercayaan diri.  Kemudian orang pun akan mencari berbagai macam obat untuk mengatasi jerawat salah satu obat yang manjur untuk mengatasi jerawat adalah minyak tanamu tanami, karena dapat digunakan untuk terapi wajah.

  1. Mengobati gangguan kulit lainnya

Minyak tanamu Tanami juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam gangguan kulit di luar gangguan dari dalam seperti gangguan kulit karena benturan, luka yang kering maupun luka lecet. Agar maksimal maka minyak tanamu tanami juga dapat dipadukan dengan minyak kutus kutus, luka yang masih basah diolesi dengan minyak kutus-kutus sementara luka yang sudah kering dapat diobati dengan minyak tanamu tanami.

Berbagai bahan pembuat dalam minyak tanamu tanami. Bahan-bahan tersebut seperti dibawah ini

  1. Minyak nyamplung

Pohon nyamplung adalah sebuah tanaman yang memiliki buah yang bulat dan hijau dan tersebar di berbagai macam daerah dari mulai Asia, Afrika, Amerika Selatan dan berbagai daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Sumatera, Sulawesi hingga Jawa.  Tanaman ini yang sering digunakan untuk bahan baku biodiesel karena memiliki rendemen yang cukup tinggi.  Ciri dari tanaman nyamplung yaitu memiliki daya tahan yang tinggi dan kuat atas berbagai macam iklim hampir seluruh bagian tumbuhan ini bisa dimanfaatkan salah satunya dengan cara memanfaatkan sebagai minyak tanamu tanami. 

  1. Minyak zaitun

Buah zaitun atau memiliki bahasa Latin Olea Europaea adalah buah yang berasal dari daerah Mediterania. Buah ini memiliki umur yang panjang sampai 500 tahun di habitat aslinya, bisa tumbuh sampai dengan tinggi 50 m. Bentuk dari buah pohon zaitun yaitu berwarna hijau serta kekuning-kuningan, ketika buah mulai masak maka buah bisa digunakan berbagai macam keperluan seperti minyak dan sabun. Minyak zaitun memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi terutama kandungan oleik dan polifenol.  Karena berbagai macam kegunaan minyak zaitun yang baik inilah kemudian membuat minyak ini juga digunakan sebagai salah satu bahan pembuat minyak tanamu tanami. 

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal juga dengan Virgin Coconut oil atau VCO. Minyak kelapa mengandung berbagai macam kandungan seperti antibiotik anti bakteri dan jamur sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan salah satunya untuk keperluan kesehatan kulit. Melindungi kulit dari efek radiasi UV, dapat menyembuhkan kulit dari gangguan Psoriasis, mengobati penyakit dermatitis hal ini seperti yang diutarakan oleh Allison Goddars serta Peter A  Olio yang menyebutkan bahwa minyak kelapa dapat mengurangi gejala dari penyakit dermatitis atopik. Minyak kelapa juga dapat mempercepat penyembuhan pada kulit yang luka, dapat mengatasi kulit kering karena minyak kelapa memiliki efek pelembab transgenik murni yang memiliki fungsi menghindari dari kulit yang kering.

Minyak kelapa memiliki kandungan antimikroba, antibacterial, anti jamur serta anti virus dan menghindari dari bakteri Staphylococcus Aureus yang menjadi penyebab dari berbagai macam gangguan pada kulit seperti jerawat dan infeksi. Karena banyaknya manfaat dari minyak kelapa terhadap kulit tersebut membuat minyak kelapa digunakan untuk bahan pembuatan Minyak tanamu tanami.

Agar hasilnya lebih maksimal maka ada berbagai cara untuk memakai minyak tanamu tanami yang benar. Cara tersebut seperti.

  1. Mencuci  dengan sabun dan air yang bersih lalu dibilas dengan kain yang bersih. 
  2. Kemudian bersihkan bagian luka agar terhindar dari kotoran dan berbagai macam zat yang mempengaruhi penyembuhan. Kotor akan menyebabkan proses pembersihan pada kulit berjalan tidak baik karena akan membuat pori-pori dan peresapan minyak tanamu tanami tidak berjalan dengan maksimal. 
  3. Setelah bersih kemudian oleskan minyak tanamu tanami pada bagian kulit yang sedang sakit.  

Itulah berbagai macam khasiat dan manfaat dari kandungan minyak tanamu tanami.  Minyak tanamu tanami lebih mahal dari minyak kutus-kutus hal ini karena pembuatan dari minyak tanamu tanami lebih spesifik dan susah didapatkan sehingga harganya pun berbeda dengan minyak kutus kutus.