Pengapuran Tulang Penyakit yang Menjadi Momok Di Masa Tua

Posted on

Pengapuran tulang adalah suatu kondisi di mana tulang tidak lagi menjadi kuat, namun tulang menjadi kaku dan keropos dan mudah sekali sakit pengapuran tulang sering terjadi pada orang di usia yang lanjut. Orang yang mengalami pengapuran tulang akan memiliki tulang yang rapuh dan tidak kuat seperti tulang pada umumnya. Pengapuran tulang sering juga disebut dengan  osteoarthritis. Orang yang mengalami osteoartritis akan mengalami tulang sendi yang degeneratif seperti tulang menjadi sakit.

pengapuran tulang

Gejala pengapuran tulang yang sering terjadi harus segera diantisipasi karena diantisipasi akan menimbulkan gangguan yang lebih parah. Kondisi pengapuran tulang terjadi karena menipisnya bantalan tulang, efek yang ditimbulkan dari pengapuran tulang terjadi cukup panjang sehingga penipisan tidak berlangsung secara seketika dan penderita pun tidak akan menyadarinya secara langsung sehingga banyak yang sadar ketika penyakit pengapuran tulang datang kepada orang yang sudah berusia lanjut.

Meskipun tidak separah efek seperti jantung stroke dan diabetes namun pengaturan tulang juga salah satu penyakit yang serius jika tidak dilakukan penanganan yang berkala dan sejak dini. Penderita pengapuran tulang akan mengalami berbagai macam keluhan seperti adanya rasa pegal yang tidak berhenti dan bertahan cukup lama,  adanya nyeri pada sendi baik intensitasnya ringan maupun berat Kalsium juga menjadi penyumbang dalam pengapuran tulang

Ada berbagai macam penyebab dari timbulnya penyakit ini, lebih jelasnya mengenai berbagai macam penyebab dari pengapuran tulang simak ulasannya di bawah ini.

  1. Faktor umur

Umur menjadi faktor utama yang menjadi penyebab dari pengapuran tulang hal ini terjadi karena sifat alami dari tubuh itu sendiri, semakin lama tubuh digunakan dan semakin tua maka tubuh makin rentan terkena berbagai macam penyakit, karena tubuh setiap hari mengalami berbagai macam beban aktivitas dan makanan/ minuman yang belum tentu baik untuk tubuh. Inilah yang membuat tulang menjadi keropos dan tidak kuat seperti saat masih muda.

  1. Kelebihan berat badan

Seseorang yang mengalami kelebihan berat badan akan membuat sendi dan tulang menopang tubuh beban lebih berat dari seharusnya. Dengan kondisi tubuh yang menopang lebih keras inilah yang membuat tubuh menjadi lebih berat tugasnya dan tulang pun menjadi rapuh.

  1.  Cedera

Cedera menjadi faktor selanjutnya dari penyebab pengapuran tulang, cedera ini bisa terjadi karena sebuah kecelakaan, salahnya dalam beraktivitas atau salah dalam pengangkatan beban. Cedera yang diakibatkan bisa mengubah struktur sehingga tulang tidak dapat berfungsi seperti normal dan mengakibatkan berbagai macam gangguan seperti saraf kejepit, tulang yang bengkok maupun pengapuran tulang.

  1. Aktivitas harian yang berat

Berbagai macam aktivitas harian berat yang membutuhkan kekuatan tulang dalam apa aktivitasnya juga berperan dalam pengapuran tulang, aktivitas harian berat ini seperti mengangkat berbagai macam barang yang berat, melakukan aktivitas naik turun tangga yang berlebihan.

Jika dilihat dari sifatnya maka pengapuran tulang ini bukanlah suatu penyakit yang bisa disembuhkan dengan total, namun penyakit ini bisa antisipasi dan diredakan dengan berbagai macam cara.

  1. Cara yang pertama yaitu dengan cara bagian tulang yang merasakan sakit bisa dikompres dengan air dingin atau air hangat sesuai dengan kebutuhan.
  2. Kedua dengan cara mengkonsumsi obat yang pas atau sesuai dengan kondisi pengapuran tulang untuk meredakan nyeri.
  3. Jika pengapuran tulang sudah mengganggu maka gunakan alat bantu seperti tongkat ataupun alat lain agar tulang tidak memiliki beban yang berlebihan yang akan membuat beban tubuh menjadi semakin berat.
  4. Terapi juga bisa digunakan untuk salah satu alternatif dari penyembuhan yakni terapi okupasi dan terapi fisik.

Selain itu jangan lupa juga untuk memeriksakan diri ke dokter, penanganan pengapuran tulang oleh dokter biasanya dilakukan dengan cara operasi untuk mengganti sendi yang sudah rusak. Tindakan operasi ini dilakukan biasanya dilakukan setelah dilihat kondisi kita sudah sangat parah dan tidak bisa lagi untuk dilakukan penanganan dengan cara yang lebih ringan.

Mengkonsumsi minuman yang mengandung kalsium juga sangat baik untuk pengapuran tulang namun jangan dikonsumsi secara berlebihan karena konsumsi kalsium yang berlebih juga akan menimbulkan efek samping yang buruk seperti kelebihan kalsium atau Hiperkalsemia.

Setiap manusia tentu saja akan mengalami penuaan dan tubuh pasti melalukan beban dan tekanan terhadap tulang untuk menunjang aktivitas. Untuk itulah jenis penyakit satu ini sangat berpotensi dan tidak dapat dihindarkan oleh banyak orang. Namun kita pun dapat mencegahnya agar tidak menimbulkan masalah yang lebih serius. cara untuk pencegahannya seperti.

  1. Mengkonsumsi  berbagai macam makanan yang sehat

Makanan sehat yang banyak nutrisi yang diperlukan untuk tubuh dan tulang, lakukan olahraga secara teratur agar bisa menjaga kebugaran dan kelenturan tulang. Hal ini akan melatih tubuh agar lebih kuat dalam menghadapi beban sehingga tubuh tidak mudah sakit dan tidak mudah tertekan terhadap aktivitas yang berat.

  1. Jangan memaksakan pekerjaan

Jika tubuh sudah merasa lelah yang sangat mengganggu maka jangan paksakan tubuh untuk melakukan pekerjaan yang sangat berat, karena hal ini akan menimbulkan efek jangka panjang yang tidak akan kita sadari.

  1. Mengkonsumsi berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh yang baik dan tidak memiliki efek samping sehingga akan dapat memberikan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Itulah berbagai macam dari tips cara dan penanggulangan dari pengeroposan tulang Menjaga asupan makanan yang baik, tidak memaksakan diri untuk bekerja berat, selalu berolahraga adalah 3 kunci sukses yang akan menjaga anda hari pengereposan tulang yang mengganggu.