Pengobatan Herbal, Alternatif Pengobatan di Tengah Keterbatasan

Posted on

Pengobatan herbal adalah sebuah pengobatan yang menggunakan berbagai macam bahan yang alami dan organik. Pengobatan herbal ini diambil dari berbagai macam tumbuhan yang bermanfaat untuk obat yang banyak terdapat di sekitar kita tumbuhan tersebut seperti ginseng, bawang putih, temulawak, jahe, dan berbagai macam tumbuhan lainnya. Jika obat tersebut sudah mengandung tambahan bahan hewani maka obat tersebut tidak dapat lagi disebut sebagai obat herbal namun bisa dikategorikan sebagai obat tradisional atau jamu.

Pengobatan herbal

Contoh dari perpaduan antara obat herbal dengan obat hewani seperti telur yang sering digunakan untuk Jamu. Obat herbal ini menjadi Primadona dan banyak sekali diminati karena dipercaya tidak memiliki efek samping yang lebih besar jika dibanding dengan obat dari pabrik. Walaupun obat herbal memiliki berbagai macam kandungan yang baik bagi tubuh namun pemakaian obat herbal tetap harus melalui pengawasan dari orang yang ahli, karena pengaruh pemakaian obat herbal tanpa dibarengi dengan dosis dan kandungan yang cocok akan menyebabkan efek samping yang tidak baik.

Obat Herbal sudah sejak lama dikembangkan di Indonesia karena Indonesia adalah negara yang kaya dengan berbagai macam bahan pembuat obat herbal. Salah satu hal yang menjadi barometer kenapa obat herbal menjadi primadona di Indonesia yakni survei yang dilakukan dimana 45% orang Indonesia lebih memilih obat herbal dibanding dengan obat modern yang dipilih sekitar 55%. Obat herbal pun di gunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari untuk menjaga kesehatan, untuk membantu perawatan kecantikan, untuk menjaga keharmonisan rumah tangga seperti obat vitalitas, hingga digunakan untuk mengobati penyakit yang khusus.

Ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk mengetahui bahwa obat tersebut merupakan obat herbal yang aman, seperti sudah mengantongi izin  badan POM, kandungan yang dimilikinya jelas, mengikuti semua petunjuk pemakaian yang sudah dilakukan, memeriksa tanggal expired, dan ada layanan konsumen.

Jika dilihat dari manfaatnya maka Ada berbagai macam keunggulan obat herbal dibanding dengan obat modern.

  1. Dibuat dari berbagai bahan tradisional

Obat herbal dibuat dari berbagai bahan tradisional yang mudah ditemukan di masyarakat, bahan tradisional ini sudah lama dikembangkan dan digunakan oleh masyarakat zaman dahulu untuk mengobati berbagai macam penyakit dan kini masyarakat  modern pun masih menggunakan obat herbal untuk mengobati penyakitnya.

  1. Memiliki sedikit efek samping

Obat herbal memiliki sedikit efek samping karena dikemas dan diolah dengan cara tradisional dan diketahui obat herbal juga tidak menggunakan berbagai macam bahan pengawet sehingga membuat obat ini lebih aman untuk dikonsumsi. Penggunaan obat herbal untuk pengobatan dipercaya memiliki sedikit efek samping dibanding dengan obat kimia yang memiliki efek samping berkepanjangan.

  1. Memiliki harga yang murah

Obat herbal memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan obat yang modern karena obat herbal dikemas dengan cara tradisional, pengolahannya tidak memerlukan biaya produksi yang tinggi, biaya pemasarannya pun pemasarannya tidak memerlukan biaya pemasaran yang besar sehingga dapat menekan biaya promosi.

Berbagai macam tanaman yang sering di jadikan obat herbal seperti Temulawak, Kunyit, Purwoceng, Bunga Lawang, Jahe, dan berbagai bahan alami lainnya. Purwoceng dikenal sebagai obat herbl untuk vitalitas dan menjaga kesehatan tubuh, sementara temulawak bisa digunakan sebagai obat penambah nafsu makan dan menjaga imunitas tubuh, bunga lawang berfungsi untuk menghindari penyakit masuk angin, cepat lelah, dan membantu mendapatkan kualitas istirahat yang baik di malah hari.

Walaupun obat herbal memiliki berbagai macam khasiat dan manfaat, namun obat herbal juga tidak bisa dikonsumsi oleh sebagian orang. Beberapa orang yang tidak disarankan mengkonsumsi obat herbal tersebut seperti.

  1. Ibu hamil dan menyusui.

Ibu hamil menyusui memiliki kondisi tubuh yang sangat rentan karena memiliki janin dan bayi harus disusui. Untuk itulah berbagai macam makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh pun harus diperhatikan, termasuk penggunaan obat-obatan baik modern maupun herbal harus benar-benar diawasi.

  1. Orang yang akan menjalani operasi

Terdapat berbagai macam obat herbal yang kontraindikasi dengan proses untuk operasi, obat herbal yang tidak baik saat digunakan untuk menjadi operasi adalah yang memiliki kandungan Ginkgo Biloba.  Ginkgo Biloba itu memiliki khasiat untuk memperlambat proses dalam pembekuan darah sehingga jika anda akan melakukan operasi harus menghentikan herbal yang mengandung Ginkgo Biloba minimalnya 2 minggu sebelum operasi.

  1. Mengkonsumsi obat yang kontra indikatif

Menggunakan obat herbal tidak bisa digunakan dengan penggunaan obat-obat tertentu yang memiliki efek yang kontra indikatif. Karena berbagai macam obat herbal akan menimbulkan efek yang berlawanan dan tidak baik untuk kondisi tubuh, berbagai macam obat yang tidak cocok untuk dipadukan dengan obat herbal seperti obat penurun tekanan darah, obat diabetes.

  1. Memiliki riwayat penyakit tertentu

Obat herbal juga tidak dapat dikonsumsi untuk orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu salah satu contohnya adalah penyakit hati ataupun autoimun, tidak boleh mengkonsumsi berbagai macam obat herbal yang memiliki bahan sambiloto karena memiliki kontraindikasi pada sistem kekebalan tubuh. Begitupun dengan gangguan hati karena gangguan hati tidak boleh menggunakan obat yang memiliki kandungan Pegagan karena akan kontraindikasi dengan hati.

Itulah berbagai macam kandungan manfaat obat herbal yang bisa dikonsumsi maupun tidak dikonsumsi. Walaupun obat herbal mudah ditemukan murah dan memiliki efek samping rendah, namun tetap harus aman dalam mengkonsumsinya agar dapat dihasilkan efek yang baik dan tidak menimbulkan efek samping yang buruk.