Sakit Telinga Simak Secara dan Pengobatannya di Bawah Ini

Posted on

Telinga adalah salah satu indera yang sangat penting bagi tubuh, telinga ini memiliki berbagai macam bagian yakni telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam. Sakit telinga ini biasanya terjadi di telinga bagian dalam, ketika salah satu indera ini terganggu maka koordinasi dan kemampuan komunikasi pun menjadi terhambat sehingga akan mengganggu aktivitas.

sakit telinga

Ada berbagai macam penyebab timbulnya sakit pada telinga berikut berbagai macam penyebabnya.

  1. Membersihkan telinga yang salah

Salah satu penyebab yang sering ditemukan adalah penggunaan alat yang masuk ke dalam telinga, alat ini biasanya berbentuk cotton bud yang di gunakan untuk membersihkan kotoran yang ada pada telinga.  Hal yang perlu di pahami adalah kotoran yang ada pada telinga merupakan kondisi yang wajar, karena kotoran dalam telinga berbentuk lendir basah yang dapat menyaring kotoran dan debu yang masuk ke dalam telinga.

Jika kotoran tersebut dibersihkan setiap hari otomatis telinga pun menjadi kering dan tidak memiliki filter yang bisa menyaring debu dan kotoran yang masuk. Jadi jangan membersihkan telinga setiap pembersihan bisa dilakukan namun tidak terlalu sering. Penggunaan cotton bud dan alat pembersih telinga lain yang tidak digunakan dengan hati-hati juga dapat menimbulkan rasa sakit pada telinga.  

Sakit  ini terjadi karena timbulnya luka dan dapat menimbulkan bengkak. Jika ini sudah terjadi maka harus berobat ke dokter spesialis THT untuk di bersihkan dan dilakukan penanganan yang benar, untuk pengobatan ini tidak memerlukan biaya namun jika dibarengi dengan membeli obat pereda nyeri telinga maka akan keluar biaya yang cukup mahal.

  1. Masuknya Air

Telinga yang sakit juga bisa ditimbulkan oleh masuknya air ke dalam telinga, air yang masuk kedalam telinga akan menyebabkan telinga menjadi berdengung dan sulit mendengar, telinga akan merasa tidak nyaman karena pendengaran tertutup oleh air. Jadi jika mandi atau berendam maka pastikan memiliki posisi yang benar sehingga tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Infeksi

Infeksi yang terjadi pada telinga adalah gangguan yang serius karena menyebabkan telinga menjadi bernanah dan sangat mengganggu.  Karena selain akan keluar cairan yang berwarna hijau kekuningan, cairan tersebut juga akan memiliki bau yang tidak sedap bagi orang lain selain berpengaruh terhadap kesehatan , gangguan telinga seperti ini juga akan mempengaruhi kepercayaan diri. Jika Kondisi ini terjadi maka  segera periksa ke dokter untuk mengobati sakit yang sudah parah.

Ada berbagai macam cara alami dalam menyembuhkan rasa sakit telinga cara-cara alami tersebut seperti.

  1.  Kompres air hangat

Mengompres telinga dengan air hangat caranya masukkan air panas air hangat ke dalam botol plastik, kemudian taruh botol tersebut diatas telinga selama kurang lebih 10 menit.

  1. Bawang Putih

Kedua bisa menggunakan bawang putih, bawang putih memiliki sifat yang analgesik yakni sebuah sifat yang memiliki antibiotik alami yang mampu meringankan sakit telinga untuk mengobati sakit telinga dengan bawang putih ini  yaitu dengan cara menghancurkan bawang putih lalu balurkan ke pada permukaan telinga, hati-hati saat membalurkan jangan sampai bawang putih yang sudah kecil masuk ke dalam telinga. Diamkan selama 5 sampai 10 menit setelah selesai kemudian bilas dengan air yang bersih dan keringkan.

Cara mengobati sakit telinga dengan bawang yang kedua yakni memanaskan bang dalam oven selama kurang lebih 15 menit atau bisa juga di rebus dalam kompor selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. Bawang kemudian di hancurkan oleh blender. Untuk penggunaannya bisa menggunakan kapa secukupnya kemudian kapas di rendam dalam ekstrak bawang kompres kapas tersebut pada bagian  telinga yang sakit.

  1. Minyak Zaitun

Menggunakan minyak zaitun bisa digunakan sebagai obat tetes alami yang bisa menyembuhkan rasa sakit pada telinga. Untuk bahan tambahan yang digunakan bisa digabungkan dengan Tea Tree Oil secukupnya campurkan dengan 4 tetes minyak zaitun kemudian dijadikan obat tetes telinga.

Sakit telinga dapat ditimbulkan oleh adanya gejala lainnya, salah satu penyakit tersebut adalah pilek, gangguan flu dan pilek dapat menimbulkan sakit pada telinga karena adanya hubungan saraf antara telinga dan kepala salah satu tanda sakit kepala yang di sebabkan karena flu adalah ketika flu sembuh dan demam menjadi berkurang namun sakit telinga masih tetap bertahan. Hal ini akan dibarengi dengan rasa demam dan nyeri sehingga menyebabkan penderitanya menjadi sulit tidur.

Ada beberapa cara untuk mencegah sakit telinga, cara-cara tersebut seperti.

  1. Selalu gunakan alat pembersih telinga yang aman

Alat pembersih telinga menimbulkan berbagai macam kemungkinan buruk dari mulai tidak higienis, bisa meninggalkan kapas di dalam telinga, hingga menimbulkan luka jika tidak dilakukan secara hati-hati.

  1. Jangan membersihkan telinga terlalu sering

Membersihkan telinga terlalu sering/setiap hari tidaklah baik, tidak pernah membersihkan telinga juga tidak baik, jadi gunakan intensitas normal dan wajar.

  1. Segera obati penyakit pemicu sakit telinga

Gejala-gejala sakit telinga yaitu adanya rasa nyeri di bagian dalam, terganggunya pendengaran, timbulnya gangguan berdengung yang terus-menerus dalam telinga. Kondisi ini mengganggu waktu istirahat malam hari karena kondisi telinga yang sakit akan mengganggu kenyamanan dan membuat anda selalu bangun tertidur ketika tertidur berapa kondisi juga bisa dibarengi dengan demam kondisi ini akan mempengaruhi berbagai macam aktivitas sakit yang ditimbulkan oleh telinga akan sangat mengganggu

Itulah berbagai macam cara, gejala, pencegahan dan pengobatan pada sakit telinga selalu untuk menjaga kesehatan bagian area telinga.