Temulawak Tanaman Asli Indonesia yang Kaya Khasiat

Posted on

Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang awalnya ada di pulau Jawa, tanaman ini  kemudian menyebar ke berbagai negara seperti Malaysia, Filipina, Thailand serta berbagai negara Asia dan Eropa lainnya. Temulawak ini memiliki berbagai macam nama, untuk nama latinnya sendiri adalah Curcuma Zanthorrhiza, sementara untuk daerah Sunda temulawak dinamakan dengan Koneng Gede dan di daerah Madura dinamakan dengan Temu Labak. Tanaman ini bisa tumbuh mulai dataran rendah hingga sampai daerah dengan ketinggian 1500mdpl, wilayah tropis adalah habitat yang paling baik untuk pemanfaatan dari temulawak.

khasiat temulawak

Berbagai macam manfaat temulawak sangat banyak untuk tubuh, kandungan tersebut seperti kurkumin ini dipercaya dapat membantu meningkatkan anti inflamasi, obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, pencegah kanker, antioksidan, anemia dan anti kolesterol. Kandungan utama yang terdapat dalam temulawak yaitu atsiri, karbohidrat dan protein di dalam kandungan ini terdapat juga kandungan lainnya seperti curcumin, glukosa zat tepung.

Manfaat temulawak menurut Roy Sparingga yang merupakan mantan Kepala Badan POM yakni digunakan sebagai bahan obat, kurang lebih 900 obat tradisional yang terdaftar menggunakan temulawak sehingga salah satu bahan utamanya. Hal ini menjadikan temulawak menjadi tanaman unggulan indonesia, dengan reputasi yang sangat baik tersebut temulawak memiliki berbagai macam manfaat yang bagus untuk tubuh,  Apa sajakah manfaat baik temulawak untuk kesehatan simak ulasannya di bawah ini.

  1. Menjaga kebugaran tubuh

Sudah sejak lama temulawak sering digunakan untuk menjaga kebugaran tubuh. Salah satu tokoh menteri yang sering mengkonsumsi temulawak sebagai jamu untuk kebugaran tubuh adalah menteri kesehatan Nila Moeloek, ibu menteri ini sering mengkonsumsi temulawak sebagai jamu penjaga kebugaran, sejak lama ia mengkonsumsi 2 kapsul temulawak setiap hari pagi dan sore hari.

Selain itu bukan cuma dirinya ia juga menerapkan dan menganjurkan seluruh jajarannya di Kementeriannya untuk meminum ekstrak temulawak ini. Untuk penambah nafsu makan di zaman dulu sering ada istilah kalau anak kecil susah makan biasanya beri temulawak, hal ini memang ada korelasinya karena dalam temulawak terdapat kandungan atsiri yang bisa meningkatkan nafsu makan

  1. Obat untuk melindungi hati

Temulawak memiliki kandungan ajaib yakni hepatoprotektor, kandungan hepatoprotektor yang ada dalam temulawak ini dapat membantu seorang pasien yang mengkonsumsi obat dalam jangka panjang. Cara kerja hepatoprotektar ini yaitu melindungi hati dari efek samping obat yang dikonsumsi secara jangka panjang. Melindungi efek samping obat dengan cara herbal adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi tubuh.

  1. Mengobati Maag

Pakar temulawak dari UGM Profesor Nyoman Kertia menyatakan bahwa kandungan Curcuma dan Atsiri pada temulawak dapat membantu untuk mengobati penyakit Maag. hal ini Tentu saja sangat bermanfaat karena sifatnya herbal dan alami tidak seperti obat kimia yang ada di pasaran. Di dalam kandungan temulawak terdapat kurkuminoid, kurkuminoid ini memiliki sifat yang hampir sama dengan obat kimia yang berfungsi untuk mengobati Maag.

Namun bedanya jika obat kimia memiliki efek samping seperti diare, mual dan pusing temulawak tidak memiliki efek samping tersebut. Secara cara kerja khasiat temulawak untuk Maag memang bekerja lebih lambat dibanding obat kimia namun perlahan dengan pasti obatnya bekerja dan tanpa menimbulkan efek samping

  1. Menurunkan kolesterol yang jahat yang ada dalam tubuh

Di dalam tubuh kita terdapat berbagai macam kolesterol yaitu Low Density Lipoprotein (LDL), Kolesterol Trigliserida dan Low Density Lipoprotein (LDL) jika kandungan kolesterol jahat dan Trigliserida ini terus banyak dalam tubuh akan membuat berbagai macam gangguan penyakit yang berbahaya salah satunya adalah penyakit jantung. Karena kolesterol yang harusnya menyalurkan protein ke seluruh tubuh akan terhambat oleh Flak di dalam pembuluh darah.

Disinilah temulawak memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, untuk mendapatkan khasiat dari temulawak ini dengan cara yaitu mengkonsumsi temulawak yang sudah diparut mencampurnya dengan air, air rebusan dari temulawak yang kemudian di konsumsi. Agar hasilnya lebih maksimal menurut Harijanto yang merupakan komplementer alternatif RSU Dr Soetomo di rebusnya menggunakan panci tanah liat dan jangan ditutup.

Hal ini bisa terjadi karena dalam air rebusan temulawak memiliki kendungan Curcuma dan minyak atsiri. Kombinasi antara minyak Atsiri dan Curcuma dapat menurunkan kolesterol sementara Atsiri dapat menambah nafsu makan yang mengkonsumsinya

  1. Penunjang karbohidrat

Temulawak memiliki kandungan karbohidrat yang baik sehingga bisa digunakan untuk beberapa orang yang mengalami gangguan pencernaan seperti bayi yang tidak baik dalam mencerna makanan. Karbohidrat yang terdapat dari temulawak adalah saripatinya kemudian saripati tersebut dicampurkan untuk menjadi bubur dan dikonsumsi untuk orang yang mengalami gangguan pencernaan.

  1. Dapat mengobati masuk angin

Masuk angin adalah penyakit yang paling umum yang ada di Indonesia, masuk angin ini bisa menimbulkan berbagai macam gangguan seperti halnya perut yang kembung, rasa mual, menggigil, kepala pusing dan demam. Kondisi ini akan membuat aktivitas terganggu dan istirahat menjadi tidak maksimal, agar hal itu tidak terjadi maka kita bisa mengkonsumsi temulawak agar badan menjadi hangat dan bisa mengusir rasa mual yang disebabkan oleh adanya masuk angin.

  1. Dapat mengobati jerawat dan membersihkan wajah

Selain bermanfaat untuk berbagai macam kesehatan tubuh ternyata temulawak juga sangat baik untuk kesehatan wajah, seperti meremajakan kulit, melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menghaluskan wajah, dan mengencangkan wajah. Cara untuk perawatan wajah yang baik dari temulawak yaitu dengan cara meminum sarinya atau juga bisa dengan menggunakan masker dari temulawak.

Temulawak memiliki kandungan protein, karbohidrat dan bahan lainnya yang cukup tinggi sehingga tidak disarankan untuk mengkonsumsi temulawak secara berlebihan karena akan mengganggu pencernaan, pergunakanlah temulawak dengan bijak dan sampai berlebihan dan melampaui kekuatan tubuh. Itulah beberapa manfaat dari temulawak, banyaknya temulawak yang beredar di pasaran kita bisa menjadi salah satu obat herbal yang mudah di dapatkan.