Usam Urat Penyebab Timbulnya Linu Pada Persendian

Posted on

Asam urat adalah suatu penyakit yang ditimbulkan oleh uric acid (asam urat)  yang dihasilkan oleh tubuh kemudian uric acid tersebut memecah purin dan menumpuk pada persendian. Pada kondisi orang yang normal, asam urat ini akan larut dalam darah kemudian akan dikeluarkan melalui urine namun banyaknya asupan makanan pemicu asam urat serta kurangnya maksimal tubuh dalam memproduksi asam urat menyebabkan asam urat menumpuk pada persendian dan menyebabkan nyeri serta bengkak.

Asam urat adalah jenis penyakit yang memiliki sifat yang menetap dalam tubuh, asam urat ini bisa memiliki efek yang menyakitkan dan mengganggu tubuh tapi juga tidak mengganggu jika kita sudah melakukan berbagai macam gaya hidup yang baik. Makanan menjadi faktor utama penyebab timbulnya asam urat, apapun yang kita makan maka akan menimbulkan efek yang baik dan buruk sesuai dengan kandungan di dalamnya. 

penyakit asam urat

Dilihat dari gejalanya maka asam urat bisa disebabkan oleh dua hal yakni tubuh yang terlalu banyak menghasilkan asam urat dan yang kedua tubuh yang  hanya membuang sedikit membuang asam urat. Kondisi asam urat yang terurai secara sedikit dalam urine ini akan menyebabkan asam urat menumpuk dalam persendian.

Penyebab asam urat seperti ini menyumbang penyebab terbesar yakni sebanyak 90%, walaupun asam urat umumnya menyerang pada ibu jari kaki yang linu asam urat juga dapat menyerang berbagai sendi lain seperti halnya siku lutut maupun pergelangan pada kaki. Terdapat beberapa faktor penyebab adanya asam urat faktor-faktor tersebut seperti berlebih kolesterol, darah yang tinggi, diabetes, obat-obatan yang memicu asam urat, serta yang paling banyak adalah mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar purin yang sangat tinggi.

Adapun berbagai makanan yang memiliki kadar purin yang sangat tinggi tersebut seperti jeroan dari hewan, unggas, berbagai jenis makanan laut seperti kepiting, kerang maupun udang berbagai macam ikan seperti makarel dan sarden serta alkohol. Berbagai penyebab itu kemudian akan memicu berbagai macam gejala yang menimbulkan asam urat gejala-gejala dalam asam urat tersebut seperti timbulnya suatu nyeri yang sangat menyiksa pada bagian pangkal ibu jari, kemudian berbagai macam sendi dalam tubuh terlihat bengkak dan hangat. Ini adalah reaksi terhadap persendian yang tidak normal karena memiliki purin yang menumpuk.

Untuk mengobati asam urat bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan cara klinis yakni memeriksakan ke dokter ataupun dengan cara herbal, pengobatan dengan cara ke dokter biasanya memberikan obat untuk asam urat seperti obat yang memiliki kandungan naprosen dan Ibuprofen serta obat colchicines.

Sementara untuk berbagai macam bahan alami yang juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat seperti di bawah ini.

  • Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi, selain itu lemon juga memiliki kandungan asam sitrat dan kalium yang berfungsi untuk membantu ginjal agar bisa seimbang dalam memproduksi mengolah asam urat. Untuk penyajiannya sendiri air lemon bisa disajikan dengan cara diseduh oleh air hangat dan diminum dengan pada saat pagi hari.

  • Air putih

Air putih sangat baik untuk berbagai macam penyakit yang ada dalam tubuh, mengkomsumsi air putih matang secara cukup setiap harinya akan membantu ginjal dalam memproses berbagai macam makanan dan minuman yang tidak baik.

  • Rebusan jahe

Jahe memiliki fungsi untuk menangkal peradangan, selain itu juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang sangat baik untuk mencegah asam urat.

Untuk cara pencegahan asam urat nya dapat dimulai dengan cara melakukan gaya hidup yang sehat yaitu dengan cara menghindari berbagai macam makanan yang mengandung purin yang tinggi, hindari meminum minuman alkohol serta rajin berolahraga.

Menjaga berat badan tubuh karena bagi orang yang memiliki kelebihan berat badan asam urat nya sering naik sementara asam urat yang dikeluarkan oleh tubuh melalui urin relatif sedikit sehingga tidak seimbang dan akan memicu asam urat yang menumpuk dalam sendi, untuk keamanan bagusnya untuk menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal. Makanan yang aman untuk dimakan yaitu nasi, ikan yang memiliki sirip dan sisik, daging ayam, buah-buahan, untuk buah-buahan yang perlu dihindari adalah durian, alpukat, air kelapa serta nanas.

Hindari olahan melinjo seperti emping, sayuran berwarna hijau seperti bayam dan kangkung, singkong, buncis, kol, berbagai macam kacang-kacangan seperti kacang tanah, kedelai, tempe tauco, kacang hijau, kacang tanah, toge dan susu kedelai.

Untuk obat hindari untuk meminum aspirin karena aspirin dapat memicu asam urat kurangi berbagai macam makanan yang mengandung fruktosa seperti sirup, permen, arum manis, gula dan gulali.  Buah-buahan yang baik untuk asam urat seperti tomat, buah naga, belimbing dan jahe.  Konsumsi berbagai macam yang mengandung potasium yang tinggi seperti pisang, tomat, yogurt dan kentang. Hindari berbagai macam makanan yang berasal dari ikan sungai yang tanpa sisik seperti ikan lele, udang, belut, keong dan kepiting berbagai macam makanan yang sudah diolah juga mengandung lucu dari asam urat seperti abon dendeng ikan sarden dikemas daging sapi yang dikemas.

Itulah beberapa tips cara pencegahan dan pengobatan dari asam urat. Dengan jaman yang semakin maju maka suka tidak suka berbagai macam makanan dan minuman pun berkembang dengan beragam tanpa mengidahkan kadar kesehatan yang baik. Disinilah peran kita untuk memilah makanan yang bagus dan baik untuk tubuh agar terhindar dari beragan penyakit salah satunya penyakit asam urat.